Strive to Global Champion

Resolusi 2019, BUMN HIN Tambah 12 Kelolaan Hotel

Berita

by redaksi

Resolusi 2019, BUMN HIN Tambah 12 Kelolaan Hotel

PT Hotel Indonesia Natour (Persero) mulai awal tahun ini mengelola 12 hotel tambahan yang akan menjadi anggota jaringan Hotel Indonesia Group (HIG).

"Ada beberapa BUMN yang sepakat dan sudah tanda tangani MoU dan Perjanjian Kerja Sama. Yang sudah tanda tangan sekitar 12 hotel yang akan kita kelola di awal tahun 2019," kata Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Iswandi Said saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (3/01/2019) dikutip dari kantor berita Antara.

Iswandi mengatakan pengelolaan hotel tambahan tersebut merupakan hasil sinergi dengan sejumlah BUMN, antara lain dengan Perum Jasa Tirta I di Jawa Timur.

Ia menjelaskan sinergi dengan sejumlah BUMN dilakukan untuk optimalisasi pengelolaan hotel yang memenuhi standar pelayanan wisata, mengusung keramahtamahan Indonesia dengan standar internasional serta lebih efisien dari segi operasional.

Menurut dia, pengelolaan hotel di bawah jaringan Hotel Indonesia Group akan lebih terorganisasi, sehingga BUMN lain yang memiliki hotel akan lebih fokus pada inti bisnis mereka.

Selain pengelolaan hotel, HIN juga menargetkan rata-rata tingkat hunian hotel atau "occupancy rate" meningkat menjadi 75,7 persen pada 2019 dari tahun sebelumnya sebesar 73,8 persen dan tahun 2017 sebesar 69 persen.

"Proyeksinya meningkat tahun ini seiring dengan perbaikan yang kita lakukan di unit-unit hotel melalui renovasi kamar, renovasi lobi dan penambahan fasilitas hotel," kata Iswandi.

Pada 2018, HIN berhasil meraup laba sekitar Rp18 miliar, atau mencapai 100 persen dari target yang ditetapkan perusahaan sebesar Rp9 miliar. Oleh karena itu, HIN optimistis meningkatkan proyeksi laba pada 2019 sebesar 15 persen.

Ada pun sejumlah hotel yang berkontribusi pada pendapatan HIN antara lain Hotel Inaya Putri Bali, juga Hotel Grand Inna Padang, Grand Inna Kuta dan Grand Inna Malioboro.