Strive to Global Champion

New Team of Pertamina

Berita

by redaksi 18105

New Team of  Pertamina

Susunan baru direksi PT Pertamina (Persero) pada Rabu , 29/8/18 telah ditetapkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dengan tiga posisi jabatan yang berubah di dalamnya.

Selain menetapkan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Definitif Pertamina, Menteri Rini juga merombak dua posisi direksi di tubuh BUMN migas tersebut.

"Bu Nicke Widyawati diangkat ditetapkan sebagai Direktur Utama PT Pertamina, dan yang menggantikan beliau di SDM adalah Pak Kushartanto yang saat ini Direktur SDM Jasa Marga," kata Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno pada konferensi pers di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu.

Kushartanto Koeswiranto resmi menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina, menggantikan Nicke Widyawati yang sebelumnya mengisi posisi tersebut.

Kushartanto mengawali karirnya di bidang Human Resources di berbagai perusahaan multinasional. Ia pernah menjabat sebagai President Director KTalents Asia (2016 -2017), dan sebelumnya Direktur SDM dan Umum di PT Jasa Marga (Persero) sejak Maret 2017.

Kemudian, Dharmawan Samsu menjabat sebagai Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) menggantikan Syamsu Alam.

"Ada pemberhentian Pak Syamsu Alam yang berhenti dengan hormat, dan digantikan oleh pak Dharmawan Samsu, yang saat ini menjabat Country Head BP Indonesia," kata Fajar.

Dharmawan Samsu ialah lulusan Teknik Geofisika Universitas Indonesia tahun 1989. Ia merupakan profesional di bidang migas dengan pengalaman di ARCO International Oil and Gas Company dan British Petroleum (BP).

Sebelum menjadi Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan pernah menjabat sebagai Head of Country BP Indonesia.

Menurut Komisaris Utama Pertamina Tanry Abeng pemilihan Dharmawan sebagai Direktur Hulu Pertamina karena memiliki pengalaman multinasional. "Itu pertimbangan ya dibutuhkan yang punya pengalaman multi nasional korporat," kata dia di Jakarta, Rabu (29/8).
Dharmawan Samsu tak mau komentar mengenai hal ini. "Teralu dini komentar, saya lakukan management change dulu sebaiknya di BP, dan akan koordinasi dengan Syamsu Alam," ujar dia.

Sementara itu untuk pemilihan jabatan Direktur SDM yang baru, Tanri Abeng menyebut membutuhkan orang orang yang memiliki pengalaman. Apalagi menurutnya, Koeswiranto Kushartanto memiliki pengalaman di PT Jasa Marga (Persero) sebagai Direktur SDM juga.
Selain itu, posisi Direktur SDM juga mengalami kekosongan. Sebab, posisi ini sebelumnya di jabat oleh Nicke Widyawati yang saat ini naik menjadi Direktur Utama Pertamina.


Berikut ini adalah susunan direksi baru PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama: Nicke Widyawati
Direktur Hulu: Dharmawan H Samsu
Direktur SDM: Kushartanto Koeswiranto
Direktur Pengolahan: Budi Santoso Syarif
Direktur Keuangan: Arief Budiman
Direktur Pemasaran Korporat: Basuki Trikora Putra
Direktur Pemasaran Retail: Mas`ud Khamid
Direktur Perencanaan, Investasi dan Manajemen Risiko: Gigih Prakoso
Direktur Manajemen Aset: M Haryo Junianto
Direktur MPP: Heru Setiawan
Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur: Gandhi Sriwidjojo